欢迎..............欢迎..............欢迎


Kamis, 15 Juli 2010

Legenda Mazu, Sang Dewi Laut


Mazu adalah Dewi Laut, yang sebagian besar disembah oleh orang-orang di daerah pantai tenggara China seperti Fujian, Taiwan, Guangdong dan Zhejiang, dan juga daerah yang berdekatan di Asia Tenggara. Mazu dipercaya memiliki kebajikan, kemurahan hati dan kasih sayang dan tradisi ini telah diturunkan dari generasi ke generasi melalui upacara kurban, cerita rakyat, musik dan tarian.

Dengan lebih dari 5.000 kuil Mazu di seluruh dunia dan 200 juta orang pengikut, kepercayaan Mazu telah menyebar ke lebih dari 20 negara dan wilayah di seluruh dunia, membuat Mazu menjadi salah satu simbol identitas budaya bagi orang Tionghoa di seluruh dunia.


Legenda Mazu

Legenda Mazu adalah tentang seorang gadis bernama Lin Mo yang dilahirkan dalam keluarga seorang pejabat dari Pulau Meizhou, sebuah pulau kecil di Selat Taiwan, di lepas pantai tenggara China. Sebulan pertama kelahirannya ia tidak pernah menangis, oleh karenanya ia dinamakan “Mo” yang berarti diam. Ketika Lin masih sangat muda, dia memiliki daya ingat yang sangat baik dan cepat dalam memahami sesuatu. Dia lemah lembut , ramah dan selalu bersedia membantu orang yang membutuhkan. Berkat pengetahuannya yang luas tentang pengobatan China, ia mampu menyembuhkan orang sakit dan mengajar orang bagaimana untuk mencegah penyakit dan cedera.

Tumbuh di daerah pantai, Lin menjadi akrab dengan pengetahuan astronomi dan meteorologi serta mampu meramalkan cuaca, membantu nelayan menghindari bencana dan melakukan penyelamatan bangkai kapal.

Pada usia 28 tahun, ia naik ke puncak gunung dan menjadi seorang dewi. Legenda mengatakan bahwa sebuah awan berwarna muncul dari gunung dan musik yang indah terdengar dari langit, Lin dibawa ke surga dalam pilar cahaya keemasan.


Mazu, Sang Dewi Laut diabadikan di Kuil Mazu, Meizhou

Mazu, Sang Dewi Laut diabadikan di Kuil Mazu, Meizhou
Sejak saat itu, sosok Mazu diabadikan di kapal untuk berdoa bagi keselamatan pelayaran.

Karena kemurahan hatinya, Mazu telah diberikan 36 gelar, seperti "Ibu", "Ratu Surga" dan "Ibu Suci" dari Dinasti Song (960-1279) sampai ke Dinasti Qing (1644-1911). 


Masih banyak cerita rakyat tentang Mazu, termasuk cerita-cerita menarik berikut: 


Konon diceritakan pada suatu hari Mazu ingin berlayar di laut dengan menggunakan kapal, tanpa dayung atau layar. Kapten kapal tidak berani berlayar, Mazu menyuruhnya menggantungkan tikar jerami ke tiang sebagai layar. Kapal kemudian berjalan di atas ombak dan membawanya dengan cepat menyeberangi lautan.


Suatu ketika, sebuah kapal menghantam sebuah batu, menyebabkan air laut membanjiri kabin. Ketika kapal mulai tenggelam, Mazu mengambil rumput dan melemparkannya ke laut, secara ajaib berubah menjadi sebuah rakit, mengikatkan diri ke kapal dan menghentikan tenggelamnya kapal.

Kisah lain, Mazu membuat kuda besi hidup dan membawa dia menyeberangi lautan. Setelah ia mendarat di tanah keras, kuda lenyap dalam sekejap. Orang-orang yang menyaksikan ini semua tercengang dengan kekuatan ajaibnya.
Adat Istiadat Rakyat

Pesta rakyat di Fujian pada hari perayaan Mazu

Pesta rakyat di Fujian pada hari perayaan Mazu
Mazu lahir pada hari ke-23 bulan ketiga penanggalan Imlek dan perayaan naiknya ke surga adalah pada hari ke-9 bulan sembilan. Orang-orang mengadakan serangkaian kegiatan setiap tahun di kedua hari tersebut untuk memperingati sang legenda.


Kebiasaan rakyat yang berhubungan dengan Mazu termasuk ritual pengorbanan di kuil Mazu, pergelaran drama, upacara peringatan leluhur dan ritual syukuran kepada Dewa.

Tepung, jamur, jamur pohon yang dapat dimakan dan bahan-bahan makanan lainnya digunakan untuk membuat bentuk binatang laut sebagai persembahan kurban. Orang-orang membakar dupa, menyalakan petasan dan memainkan instrumen musik tradisional tiongkok selama upacara kurban.

Selama festival malam hari, nelayan, petani dan warga berjalan berkeliling disekitar tempat tinggal mereka dengan membawa lentera dan berdoa bagi kedamaian.

Wanita di Meizhou membentuk rambutnya seperti perahu

Wanita di Meizhou membentuk rambutnya seperti perahu
Untuk menunjukkan rasa hormat mereka kepada Mazu, para wanita di Meizhou, biasanya menyisir rambut mereka dengan gaya berbentuk perahu dan mengenakan mantel biru dan merah serta celana panjang hitam. Ketika mereka menghadapi keadaan yang membingungkan, mereka berdoa kepada Mazu untuk mencari sebuah solusi.

Seorang Ibu biasanya berdoa untuk anak-anak mereka di kuil Mazu, berharap Mazu akan memberkati anak-anak mereka dengan kesehatan dan masa depan yang menjanjikan.

Nelayan tidak mencari ikan selama perayaan lahirnya Mazu, mewujudkan keselarasan antara manusia dan alam.

Keyakinan Mazu diperkenalkan ke Jepang pada masa pemerintahan Kaisar Zhu Yuanzhang (1368-1398) dari Dinasti Ming (1368-1644). Dengan banyaknya warga negara China yang tinggal di luar negeri, kepercayaan Mazu juga menyebar ke Malaysia, Singapura, Thailand, Indonesia, Vietnam, Filipina, Amerika, Australia dan Eropa.

Hari ini, keberhasilan dalam penelitian mengenai budaya Mazu telah menjadi bahan berharga bagi studi sejarah ilmu pelayaran, ilmu pengetahuan, kondisi di seberang laut China, pengembangan pulau-pulau lepas pantai dan ekonomi serta pertukaran budaya dengan negara-negara asing. Hal ini juga diuntungkan sejarah cerita rakyat dan agama Tiongkok kuno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar