欢迎..............欢迎..............欢迎


Rabu, 18 Mei 2011

5 HADIAH TERBAIK UNTUK KELUARGA ANDA


Ketika kita berpikir untuk memberi hadiah, biasanya kita memikirkan apa yang mau dibeli. Namun jika Anda diajak mengingat kembali hadiah yang pernah Anda terima, mungkin yang paling Anda ingat bukanlah hadiah berbentuk materi — namun bisa jadi jenis hadiah yang sangat menyentuh hati dan jiwa. Bisa dalam berbagai bentuk, selain hal-hal materi, yang menunjukkan orang-orang menyatakan cinta mereka kepada Anda.

Ada lima hadiah cinta yang bisa kita berikan kepada keluarga yang dapat membuat perbedaan besar dalam hidup mereka:

1. MEMBERI PERHATIAN DAN KASIH SAYANG

Kita semua ingin diperhatikan, namun banyak dari kita yang tidak memberi perhatian dan kasih sayang untuk orang lain. Kenangan terindah yang bisa diberikan kepada orang yang kita cintai adalah mendengarkan dengan sepenuh hati, untuk memahami dan menerima, bukannya menghakimi, dan untuk bersikap terbuka, bukannya takut disakiti.

Pikirkan tentang seseorang yang terakhir kali benar-benar mendengarkan Anda dan memberi Anda pemahaman dan penerimaan. Perasaan dipahami dan diterima dengan penuh perhatian dan kasih sayang adalah salah satu perasaan terbaik di dunia. Daripada mencurahkan upaya agar diperhatikan orang lain, mengapa tidak mencurahkan upaya untuk memberikan orang lain? Anda mungkin akan terkejut betapa indah rasanya ketika Anda bisa memberikan hadiah ini pada keluarga Anda.

2. MEMBERI KEBERANIAN

Salah satu hadiah terbaik yang dapat kita berikan kepada orang-orang terdekat adalah keberanian kita sendiri. Ini artinya memiliki keberanian untuk berdiri di sisi yang menurut kita benar, untuk bersikap jujur tentang apa yang kita inginkan dan tidak inginkan, apa yang akan kita lakukan dan tidak akan lakukan, apa yang bisa dan apa yang tidak bisa kita terima. Artinya memiliki keberanian untuk mengendalikan diri kita, walau jika orang lain tidak menyenanginya. Ini berarti menolak perilaku yang mengendalikan kita yang berasal dari rasa takut akan: kemarahan, penolakan, perlawanan, namun sebaliknya berusaha jujur dan mengendalikan diri. Ini artinya bersedia untuk menghadapi konflik dan bukannya melarikan diri dari masalah.

Ketika kita memiliki keberanian untuk menghadapi konflik dan mengatakan yang sebenarnya, kita tidak hanya memberikan teladan keberanian pada keluarga, namun kita memberikan kesempatan bagi orang yang kita cintai untuk melangkah menghadapi kebenaran dan belajar untuk menjadi berani.

3. MEMBERI BANTUAN

Kita hidup di bumi untuk belajar mencintai diri sendiri dan sesama, serta membantu satu sama lain. Salah satu hadiah terbaik yang dapat kita berikan kepada keluarga adalah peran melayani. Membantu orang lain mengisi hati dan jiwa dengan cara yang tidak biasa. Jika anak-anak tidak pernah melihat orangtua mereka melayani dan membantu orang lain, mereka mungkin tidak pernah bisa merasakan kebahagian dan pencapaian yang berasal dari memberi. Salah satu hadiah terbaik yang dapat kita berikan kepada keluarga adalah untuk menunjukkan bagaimana melayani dan membantu.

4. MEMBERI KREATIVITAS

Kita semua dilahirkan dengan berbagai cara untuk mengekspresikan kreativitas. Mengekspresikan kreativitas adalah cara mendalam untuk berhubungan dengan jiwa, karena kreativitas merupakan ekspresi langsung dari jiwa. Memberikan keluarga Anda dengan banyak cara untuk mengekspresikan kreativitas mereka adalah hadiah yang besar. Kreativitas dapat diekspresikan dalam begitu banyak cara — memasak, kerajinan, membangun sesuatu, musik, seni, jalan-jalan, bercerita, menulis, humor, fotografi dan video — kemungkinannya tak terbatas! Proyek keluarga yang kreatif sesungguhnya luar biasa dalam membangun kedekatan keluarga.

5. MEMBERI KEGEMBIRAAN

Berbagi adalah hadiah terbaik untuk diberikan kepada orang lain. Berbagi adalah sesuatu yang menular — tawa dan canda dapat membantu orang lain mengurangi kemurungan dan kehampaan, dan merasa bersemangat kembali.

Ketika kita bisa berbagi, kita merasakan ketulusan yang luar biasa, ketulusan yang timbul dari keinginan tulus dalam memberi. Ketulusan kita dapat membawa penerangan bagi seluruh keluarga. Anak-anak menyukainya ketika orangtua mereka riang, romantis, dan menyenangkan. Canda tawa dalam keluarga adalah salah satu pengalaman paling berharga dalam hidup.

Kita harus berupaya memberikan hadiah-hadiah ini setiap hari, bukan hanya selama musim liburan atau pada acara khusus. Hadiah ini jauh lebih penting daripada hal materi yang kita beli untuk seseorang. Bahkan, kita mungkin tidak begitu terfokus pada hadiah materi jika kita sering memberikan hadiah cinta — kepedulian, kasih sayang, keberanian, pelayanan, kreativitas, dan ketulusan. (Monica M. Song / Secret China / val)

Tentang Pengarang: Margaret Paul, Ph.D. adalah penulis terlaris sekaligus penulis delapan buku, termasuk “Do I Have To Give Up Me To Be Loved By You?”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar